Minggu, 17 Februari 2013

Artikel Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Artikel Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi


PENGERTIAN
pengertian animasiAnimasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupasehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yangditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secaravisual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakanperubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahanwarna pun dapat dikatakan sebuah animasi.b.pengertian kunci animasi 
SEJARAH  SINGKAT  PERKEMBANGAN ANIMASI
Animasi adalah film yang berasal dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadigambar yang bergerak. Bentuk animasi tertua diperkirakan wayang kulit. Karena wayangmemenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasimusik.Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu teknik stopmotion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambardiam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambartersebut bergerak. Teknik ini sangat sulit, membutuhkan waktu, juga biaya yang banyak.Karenauntuk menciptakan animasi selama satu dektik, kita membutuhkan sebanyak 12-24frame gambar diam. Bayangkan jika film animasi itu berdurasi satu jam bahkan lebih.J. Stuart Blackton mungkin adalah orang Amerika pertama yang menjadi pionir dalammenggunakan teknik stop motion animation. Beberapa film yang telah diciptakannyadengan menggunakan teknik ini adalah The Enchanted Drawing (1900) Selanjutnya, setelah teknologi komputer berkembang, bermunculan animasi yang dibuatdengan teknologi komputer. Animasi itu macam-macam jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D)dan 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer denganmenggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih komplekslagi karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan.
Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney.Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio,Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasibersuara.Yakni, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di ColonyTheatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga menciptakan animasiberwarna pertama yakni, Flower and Trees yang diproduksi Silly Symphonies di tahun1932.
 
Film animasi merambah pula ke negara-negara Asia. Jepang misalnya juga telahmengambangkan film animasi sejak tahun 1913 dimana pada waktu itu dilakukan FirstExperiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaropada tahun 1913. Selanjutnya, animasi di Jepang mengikuti pula perkembangan animasi diAmerika Serikat seperti dalam hal penambahan suara dan warna. Dalam perkembanganselanjutnya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan animasi. Amerika dikenaldengan animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang simpel.Sedangkan animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik. (Pmails/ Cesar ZehanCamille)
 
sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html

4 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Animasi 3D', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1153/1/50407275.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

wih keren artikelnya dan bermanfaat

http://cbs-bogor.net/

Unknown mengatakan...

wah animasi nya sangat keren

http://www.kaffah.biz/

Unknown mengatakan...

thx infonya..

http://cbs-bogor.net/

Posting Komentar

Macam_Macam_Animasi © 2008 Template by:
SkinCorner