PRINSIP-PRINSIP DASAR ANIMASI BESERTA CONTONYA
Untuk
menjadi animator yang baik kita harus mengetahui 12 prinsip dasar animasi….
1) Squash
and Stretch ( Menekan dan Melentur)Squash and stretch bisa membuat benda-benda
hidup atau benda mati dibuat seolah-olahhidup, menjadi lebih ekspresif dan
“bernyawa”, bergerak dengan lebih realistis.Misalnya karung beras yang dibuat
seolah bisa tertawa geli, malu atau marah.Atau contoh paling klasik : bouncing
ball. Squash ketika berada di tanah, stretch sebelumdan sesudahnya. Stretching
walaupun tidak realistis
2)
Anticipation (Antisipasi) Membuat setiap gerakan secara berurutan sehingga
dapatdinikmati dan dimengerti oleh penonton. Contohnya bila Donald Duck ingin
berlari kencangdia akan mengangkat kaki dahulu untuk mengambil ancang-ancang,
lantas berlari.
3) Staging
(Penataan Gerak) Staging (Penataan gerak) adalah prinsip yang bersifat
palingumum karena mencakup banyak area. Misalnya bagaimana mempresentasikan
sebuahkarakter agar dapat dikenal dengan baik oleh penonton. Termasuk ke
dalamnya ekspresi yg ingin ditampilkan, mood yang ingin dibentuk, semua
dapat dikomunikasikan dengan baikkepada penonton bila semua dibentuk dalam
penataan gerak yang tepat dan jelas.Misalnya Minnie Mouse merupakan karakter
yang dibuat gerak-geriknya selalu femininedalam situasi apapun.
4) Straight
Ahead and Pose to Pose Merupakan dua pendekatan dalam menggambaranimasi. Pada
metode Straight Ahead, animator akan menggambar secara spontan gambardemi
gambar setelah mengetahui story point. Dalam metode pose to pose,
animatorbekerja lebih terencana – - membuat gambar, gerakan, ukuran – - sedini
mungkin, sejakawal sebelum mulai menggambar.
5) Follow
Through and Overlapping Action (Gerakan Mengikuti) Bila suatu karakter
dalamsebuah scene berhenti bergerak, dia tidak akan berhenti secara tiba-tiba.
Diperlukanpenghitungan timing yang tepat. Misalnya saat Goofy yang bertelinga
panjang berhentibergerak (stop ditempat) makan telinganya akan tetap berayun
atau bila memakai jubah, jubahnya masih tetap berkelebat disaat berhenti.
Inilah yang dimaksud gerakan
mengikuti.
6) Slow In
and Slow Out Merupakan pengaturan timing dan staging dalam suatu scene kescene.
Ada gerakan melambatkan di saat memulai sesuatu dan melambat ketika suatuobjek
di akhir gerakan.
7) Archs
(Konstruksi Lengkung)
8) Secondary
Action (Gerakan Pedukung) Adalah gerakan-gerakan yang mendukung suatuekspresi
atau aksi agar lebih terlihat jelas. Misalkan Seorang yang sedang sedih
akanmengusap tangannya keb wajah untuk menghapus air mata. Hal ini juga
berkaitan denganstaging (penataaan gerak)
9) Timing
10)
Exaggeration (Melebihkan) Yang dimaksud dengan “melebih-lebihkan” sesuatu
adalahmembuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih meyakinkan atau lebih
terlihat lucu.Misalnya Mickey yang mengendarai mobil butut, mobilnya berguncang
dan berisik, lalu platnomornya rontok dan pada saat belok bannya meletus.
11) Solid
Drawing Adalah kemampuan menggambar yang baik dan benar. Dalam membuatkomposisi
gambar secara baik dan terlihat hidup.
12) Appeal (Daya
Tarik) Adalah suatu kualitas dimana orang dapat menikmati suatugambar yang
memikat, desain bagus, komunikatif dan memiliki magnet.
MACAM-MACAM/ JENIS ANIMASI
a. Animasi
2D (2 Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut
dengan filmkartun. Kartun
sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang,film kartun itu kebanyakan film yang lucu.
Contohnya banyak sekali, baik yang di TVmaupun di Bioskop. Misalnya:
Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo,Doraemon, Mulan, Lion
King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populerkebanyakan film Disney, namun bukan
Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contohlainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu
sudah lumayan tua, diadiciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi
yangkurang baik, jadi kita sukar
untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan WaltDisney yang sampai sekarang masih ada misalnya
Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
b. Animasi
3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D
semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah
pengembangan dari animasi 2D. Dengananimasi
3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujudmanusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan
Disney (Pixar Studio), maka berlomba--lombalah
studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ,Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding
Nemo, The Incredible, Shark
Tale. Cars Valian . Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi3D
atau CGI (Computer Generated Imagery).
c. Animasi
Tanah Liat (Clay Animation)
Kata orang, meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan Bistik, namun
terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur
asem. Ungkapan tersebutcocok buat
animasi Clay Animation. Jenis ini yang
paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padahalteknik
animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story membuka
era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang
nenek moyangnya animasi. Karena animasipertama
dalam bentuk CIay Animation. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakaibukanlah tanah liat biasa.
Animasi ini memakai plasticin, bahan
lentur seperti permenkaret yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam
animasi Clay dibuat denganmemakai rangka khusus untuk kerangka
tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup denganplasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh
kerangka ini,seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang
lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap,lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto
tersebut lalu digabung menjadi gambar yangbisa
bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi Clay
termasuk salah satu jenisdari Stop-motion picture. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan
Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh
Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredarfilm clay
yang berjudul Chicken Run .
d. Animasi
Jepang (Anime)
Film-film yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa.
Namun,Jepang pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak memproduksi anime (sebutanuntuk animasi Jepang). Berbeda dengan animasi
Amerika, anime Jepang tidak semuadiperuntukkan untuk anak-anak, bahkan
ada yang khusus dewasa.Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr.
Osamu Tezuka. Beliau menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan
Astro Boy. Seperti film animasi Amerika atauEropa,
Anime juga terdiri dari beberapa jenis, tapi yang membedakan bukan carapembuatannya,
melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film bioskop.
sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html
sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html
0 komentar:
Posting Komentar