Minggu, 17 Februari 2013

3.PRINSIP-PRINSIP DASAR ANIMASI BESERTA CONTONYA

PRINSIP-PRINSIP DASAR ANIMASI BESERTA CONTONYA
Untuk menjadi animator yang baik kita harus mengetahui 12 prinsip dasar animasi….
1) Squash and Stretch ( Menekan dan Melentur)Squash and stretch bisa membuat benda-benda hidup atau benda mati dibuat seolah-olahhidup, menjadi lebih ekspresif dan “bernyawa”, bergerak dengan lebih realistis.Misalnya karung beras yang dibuat seolah bisa tertawa geli, malu atau marah.Atau contoh paling klasik : bouncing ball. Squash ketika berada di tanah, stretch sebelumdan sesudahnya. Stretching walaupun tidak realistis
2) Anticipation (Antisipasi) Membuat setiap gerakan secara berurutan sehingga dapatdinikmati dan dimengerti oleh penonton. Contohnya bila Donald Duck ingin berlari kencangdia akan mengangkat kaki dahulu untuk mengambil ancang-ancang, lantas berlari.
3) Staging (Penataan Gerak) Staging (Penataan gerak) adalah prinsip yang bersifat palingumum karena mencakup banyak area. Misalnya bagaimana mempresentasikan sebuahkarakter agar dapat dikenal dengan baik oleh penonton. Termasuk ke dalamnya ekspresi yg ingin ditampilkan, mood yang ingin dibentuk, semua dapat dikomunikasikan dengan baikkepada penonton bila semua dibentuk dalam penataan gerak yang tepat dan jelas.Misalnya Minnie Mouse merupakan karakter yang dibuat gerak-geriknya selalu femininedalam situasi apapun.
4) Straight Ahead and Pose to Pose Merupakan dua pendekatan dalam menggambaranimasi. Pada metode Straight Ahead, animator akan menggambar secara spontan gambardemi gambar setelah mengetahui story point. Dalam metode pose to pose, animatorbekerja lebih terencana – - membuat gambar, gerakan, ukuran – - sedini mungkin, sejakawal sebelum mulai menggambar.
5) Follow Through and Overlapping Action (Gerakan Mengikuti) Bila suatu karakter dalamsebuah scene berhenti bergerak, dia tidak akan berhenti secara tiba-tiba. Diperlukanpenghitungan timing yang tepat. Misalnya saat Goofy yang bertelinga panjang berhentibergerak (stop ditempat) makan telinganya akan tetap berayun atau bila memakai jubah, jubahnya masih tetap berkelebat disaat berhenti. Inilah yang dimaksud gerakan
  mengikuti.
6) Slow In and Slow Out Merupakan pengaturan timing dan staging dalam suatu scene kescene. Ada gerakan melambatkan di saat memulai sesuatu dan melambat ketika suatuobjek di akhir gerakan.
7) Archs (Konstruksi Lengkung)
8) Secondary Action (Gerakan Pedukung) Adalah gerakan-gerakan yang mendukung suatuekspresi atau aksi agar lebih terlihat jelas. Misalkan Seorang yang sedang sedih akanmengusap tangannya keb wajah untuk menghapus air mata. Hal ini juga berkaitan denganstaging (penataaan gerak)
9) Timing
10) Exaggeration (Melebihkan) Yang dimaksud dengan “melebih-lebihkan” sesuatu adalahmembuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih meyakinkan atau lebih terlihat lucu.Misalnya Mickey yang mengendarai mobil butut, mobilnya berguncang dan berisik, lalu platnomornya rontok dan pada saat belok bannya meletus.
11) Solid Drawing Adalah kemampuan menggambar yang baik dan benar. Dalam membuatkomposisi gambar secara baik dan terlihat hidup.
12) Appeal (Daya Tarik) Adalah suatu kualitas dimana orang dapat menikmati suatugambar yang memikat, desain bagus, komunikatif dan memiliki magnet. 
 MACAM-MACAM/  JENIS ANIMASI
a. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan filmkartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang,film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TVmaupun di Bioskop. Misalnya:
Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo,Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populerkebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contohlainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, diadiciptakan oleh Otto Messmer  pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yangkurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan WaltDisney yang sampai sekarang masih ada misalnya
Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengananimasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujudmanusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba--lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ,Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars Valian . Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
c. Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Kata orang, meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan Bistik, namun terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur asem. Ungkapan tersebutcocok buat animasi Clay Animation. Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padahalteknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story  membuka era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang nenek moyangnya animasi. Karena animasipertama dalam bentuk CIay Animation. Meski namanya clay  (tanah liat), yang dipakaibukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permenkaret yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay  dibuat denganmemakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup denganplasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini,seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap,lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yangbisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi Clay 
termasuk salah satu jenisdari Stop-motion picture. Film Animasi Clay  Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredarfilm clay yang berjudul Chicken Run .
d. Animasi Jepang (Anime)
Film-film yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa. Namun,Jepang pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak memproduksi anime (sebutanuntuk animasi Jepang). Berbeda dengan animasi Amerika, anime Jepang tidak semuadiperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus dewasa.Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr. Osamu Tezuka. Beliau menciptakan Tetsuwan Atom  atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Seperti film animasi Amerika atauEropa, Anime juga terdiri dari beberapa jenis, tapi yang membedakan bukan carapembuatannya, melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film bioskop.

sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html

0 komentar:

Posting Komentar

Macam_Macam_Animasi © 2008 Template by:
SkinCorner