Jumat, 22 Februari 2013

Apa sih beda anime dan kartun ?

Apa sih beda anime dan kartun?


Selama ini kita suka menyamakan film yang berbau animasi dibilang kartun. Sebenarnya tidak semua film animasi disebut kartun, contohnya anime, anime adalah sebutan dari film animasi buatan Jepang

Untuk lengkapnya, kita bahas sedikit tentang anime dan kartun


anime

Anime (Singkatan dari pelafalan Jepang untuk Animation menjadi Animeshon, disingkat anime), Sebutan untuk di luar Jepang khususnya di Barat adalah Japanase Animation. Animasi Jepang pertama kali dibuat pada tahun 1917, namun karateristik animasinya yang khas (anime style) nya terlihat pada tahun 1960-an , dari karya Osamu Tezuka. Untuk bentuk komik Jepang, sebutannya sendiri adalah manga (dibaca mangga), penggambarannya pun sama seperti anime namun pada manga tidak berbentuk warna layaknya anime

Anime dan manga mempunyai audensi yang besar di Jepang, dan sangat dikenal di dunia, distributor dapat me-release anime melewati siaran TV, ataupun siaran streaming melalui internet.

Anime memiliki gambar yang khas khususnya pada bentuk mata (khususnya karakter wanita) yang digambarkan besar, karena banyak yang menganggap mata yang besar terlihat lebih ‘cute’ ataupun imut, di Jepang sendiri biasa disebut moe.

contoh anime : Naruto, Inuyasha, Doraemon, Shin-chan , dan banyak lainnya


kartun

Cartoon, Memang bisa dipakai untuk menyebutkan film animasi, memang pada awalnya film animasi sendiri dibuat di negara barat khususnya amerika, Anime Jepang pun pada awalnya terinspirasi dari kartun buatan amerika, namun karena memiliki ciri khas yang berbeda, maka di Jepang tidak menggunakan isitlah kartun dalam animasinya melainkan anime

Menurut saya sendiri, apabila suatu komik / film animasi buatan Jepang, maka saya akan sebut anime bukan kartun, tapi kalau animasi buatan selain Jepang, saya akan sebut kartun khususnya buatan amerika

Contoh animasi film kartun : Tom And Jerry, Spongebob, Mickey Mouse, tokoh2 wald disney, dll.

Kesimpulannya, untuk menyebutkan animasi Jepang adalah anime bukan kartun, walaupun awalnya berasal dari kartun, anime menjadi suatu ciri khas budaya Jepang sendiri,yang memiliki banyak perbedaan dari kartun, seperti gambar dan penceritaan

Sumber : http://arulastro.blogspot.com/2012/04/apa-sih-beda-anime-dan-kartun.html#.USTQo_J5fek

animasi 10 ninja terkuat yang ada di naruto

10. Konohamaru (Hokage 7)


siapa bilang seorang ninja gila seperti Konohamaru, cucu dari salah satu hokage Sarutobi adalah ninja yang lemah, Konohamaru dalam serial naruto, belum banyak mengeluarkan aksinya, namun konohamaru akan lebih hebat dari kakeknya saat dewasa dan menjadi hokage menggantikan naruto, Konohamaru memiliki banyak jutsu dan kelebihan salah satunya Konohamaru menjadi dewa Kera, setelah latihan dengan tongkat milik saru tobi, Rasengan yang diajarkan oleh Naruto sendiri, dan jutsu elemen api dan tanah ia kuasai, memiliki kuchiyose kera raksasa, dan pewaris jurus istimewa milik konoha, rasengan. dan salah satu yang membuat saya menempatkan nya di 10 ninja terhebat adalah, ia menghancurkan salah satu dari tubuh pain yang bernama, Naraka.

9. Hatake Kakashi


Hatake Kakashi seorang shinobi dari Konoha, mantan ketua Anbu, pasukan militer rahasia konoha, Kakashi menjadi salah satu ke 10 ninja terkuat di Serial Naruto dikarenakan, sifat dan keciri khasnya dalam menyerang,dan jurus ninja kakashi sangat unik ia mampu meniru beberapa jutsu milik orang lain dan memiliki jutsu yang bervariasi, seperti kakashi memiliki mata saringgan di mata kirinya, dan ia dapat menggabungkan cydori dengan Rassengan, itu salah satu jutsu yang menjadikannya ninja terkuat, bukan hanya itu setiap seri dalam serial naruto kakashi adalah orang pertama yang bertemu dengan ninja kelas atas, dan menghadangnya untuk masuk ke Konoha, dan banyak musuh yang memanggilnya dengan sebutan Kakashi ninja peniru.

8. Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi, seorang hokaghe yang paling dihormati, bahkan oleh musuhnya, sarutobi memiliki summon ape king, dalam sejarah seri naruto, dia pernah mengalahkan ke 2 hokage sebelumnya, yang dibangkitkan oleh orichimaru dengan Edo tensei, bukan hanya itu, dia lah guru dari ketiga legenda sannin, jiraiya, tsunade, dan Orichimaru, dewa kematian (shiki fuujin) adalah salah satu jurus ciptaannya, yang memanggil dewa kematian, untuk mengikat roh, bahkan roh rubah ekor 9.

7. Jiraiya (3 dari legend sannin)


pertapa genit, julukan dari naruto untuk jiraiya ini, adalah ninja terkuat peringkat ke-7 bukan hanya itu jiraiya adalah salah satu dari ke-3 legenda sannin ini adalah ninja yang dapat dikatakan sebagai ninja sesungguhnya, yang selama hidupnya ia menyadarkan naruto akan ninja sejati. jutsu dan jurus-jurus yang ia miliki juga begitu kuat, seperti jurus istimewa milik konoha Rasengan, Sage Mode, dan summon Kamabunta, dll. dengan itu tidak salah penyuka wanita ini, dinobatkan sebagai ninja sesungguhnya.

6.namikaze minato dan Hashirama senju


Namikaze minato dan Hashirama senju, kedua shinobi, terkuat sepanjang sejarah konohagakure, kedua hokage ini dapat dikatakan, hokage yang paling banyak mendapatkan perlawanan dalam masa kekuasaannya, tidak salah saya menempatkan dua hokage ini diperingkat ke 6, dengan kekuatan yang sepadan, kebijaksanaannya dan kehebatan serta jutsu-jutsu yang diturunkan keberbagai ninja di konoha, Minato dengan hiraishin no jutsu, jurus yang diciptkannya sendiri yang membuatnya terkenal, karena kecepatan yang melebihi madara dan ninja-ninja tercepat lainnya, bahkan ia dijuluki sikuning cepat dari konoha (konoha no kiroi senko) sarengan yang menjadi jutsu pewaris dan digunakan naruto sekarang, dan jikukan kekkai, sebuah jurus ilusi yang dipakai madara, untuk memasukan sesuatu kedemensi lain, minato juga kuasai, digunakan saat memindahkan kyubi dari konoha ke tempat yang jauh dari konoha. senju/ hashirama senju, pendiri konohagakure yang menguasai elemen kayu/mokuton yang menjadi orang pertama membuat madara dan kyubi kalah dan sekarat.

5. Yakushi Kabuto

yakushi kabuto, seorang ninja pengobatan, tangan kanan dari orichimaru ini, tidak salah saya posisikan ditempat peringakat ke 4 ninja terkuat, kabuto sekarang jauh lebih kuat dan hebat dari kabuto lama, setelah kematian orichimaru, kabuto membuat ilmu dan jutsu yang mengambil seluruh kekuatan orichimaru, menjadikannya orichimaru ke dua bahkan lebih kuat dari tuannya itu, edo tensei yang dimiliki oleh orichimaru juga ia serap dan membuat banyak ninja-ninja dan pendekar-pendekar yang telah mati hidup kembali. bukan hanya itu kemampuan medis yang setara dengan tsunade membuat kabuto ditakuti oleh banyak shinobi, belum lagi misteri edo tensei yang dilakukan oleh kabuto dalam peti mati seseorang , yang membuat madara ketakutan.

4. Uchiha sasuke dan Nagato


Uchiha sasuke dan nagato, kedua shinobi yang mempunyai kegelapan dihatinya ini adalah ninja yang terkuat ke 5, penempatan peringkat kelima cocok diberikan kepada kedua shinobi ini, sasuke adalah seorang ninja terakhir dari klan uchiha yang tersisa, ia berjanji untuk membunuh kakaknya, yang telah menghancurkan klannya sendiri, kegelapan dan dendam yang dimiliki sasuke membuatnya jauh lebih kuat dari sebelumnya, amarah dan rasa benci membuat sasuke menjadi monster dan dapat diperhitungkan dalam serial naruto. amaterasu (api hitam) yang dia dapatkan dari mata kakaknya sendiri yang berhasil ia bunuh, mangenkyou sharingan, dengan kesempurnaan yang baik jauh diatas itachi, dan jutsu yang timbul dari kegelapan dihatinya Susano, serta chidori kirin, summon naga yang timbul dari kekuatan chidori sebenarnya, membuat sasuke menjadi shinobi yang ditakuti bahkan madara. Nagato/pain adalah ninja yang mendirikan akatsuki, seorang ninja yang memiliki mata rinnegan dan dendam yang sama dengan sasuke membuatnya menjadi ninja terkuat di akatsuki setelah madara, bahkan nagato pernah menghancurkan konoha sendirian, namun umurnya berakhir disitu setelah naruto tiba.

3. Uchiha madara/ Uchiha Hitachi


(UPDATERBARU)
Uchiha Hitachi, mengapa saya baru menempatkan Hitachi pada peringkat yang sama dengan Madara, tidak salah lagi, setelah saya membaca dan melihatnya di Manga, tidak salah saya menempatkan Hitachi sederajat dengan madara, yea… hitachi, seorang ninja yang awal mulanya adalah aib dari konoha dan aib bagi clannya sendiri, itu ternyata dialah ninja yang dapat dikatakan ninja sejati sepanjang masa, ninja yang telah membunuh seluruh klannya ini ternyata adalah ninja yang bertanggung jawab dan berjiwa besar pada konoha, bahkan hingga ia tewas, dan dihidupkan kembali oleh Kabuto melalui Edo Tensei, dia lah satu-satunya Ninja yang dapat melawan pengaruh Edo Tensei, bahkan seorang legenda Sannin maupun Hokage, tak dapat melawan jurus terlarang itu. dengan menggunakan mata baru "kotoamatsukami", yang ia dapatkan dari seorang master ninja diatas ninja banci Madara, yaitu SHISHUI UCHIHA, ninja yang menjadi tokoh penting dalam konoha, dengan kekuatan itu, hitachi dapat menaklukan pengaruh jurus Edo tensei, dan memberikan seekor gagak yang memiliki mata kotoamatsukami, yang bertugas menjaga desa konoha serta adiknya sasuke, maka dari itu banyak yang menyebutkan bahwa itachi adalah ninja yang sadis, namun semuanya itu salah, kematian para penduduk clan uchiha, dibunuh oleh beberapa ninja anbu yang menjadi tangan kanan dari DANZOU, tuduhan hitachi yang membunuh Uchiha Shishui, juga salah danzou mengirim anbu untuk membunuhnya, maka dari itu kematian DANZOU sangat tragis, tubuhnya dihancurkan oleh Susano milik Sasuke.
Uchiha madara, seorang ninja kelas atas, seorang shinobi yang tak dapat dikalahkan oleh banyak ninja bahkan hokage, madara dalam akatsuki disebut dengan tobi, seorang terkuat dari klan uchiha, namun ia dibuang kejahatan dan kegelapan hatinya membuatnya menjadi monster tingkat tinggi, memiliki eternal mangekyou sharingan…memiliki kekuatan hashirama senju setelah kematian hashirama
dengan memliki sel hashirama dan sel uchiha dalam tubuhnya maka dia pantas menjadi rikudou ke 2
mampu menggunakan izanagi yg notabene adalah salah satu jutsu paling mematikan..mempunyai kecepatan yg sangat cepat sedikit di bawah minato..tp jutsu teleportasi madara jauh lebih hebat daripada minato
madara sekarang bahkan mempunyai rinnegan yang ia dapatkan dari nagato
EMS + Rinnegan + Senju Cells + 7 Bijuus yang ia dapatkan dengan membunuh jinchruki kecuali gaara + 100k Zetsu Clones
satu kata yg pasti bagi orang yg ingin melawan nya
MATI

2. Rikudou Sannin


dewa jinchuriki/biju, seorang ninja sesungguhnya, seorang shinobi pertama yang membuat berbagai jurus ninja, jutsu maupun genjutsu, walaupun jarang sekali muncul dalam serial naruto, dialah ninja yang terkuat sebelum ninja terkuat peringkat pertama, mengendalikan semua bijuu kecuali kyubi yang telah dikendalikan naruto, memiliki rinnegam. dan monster ke tiga mata legendaris, byakugan, sharingan, dan rinnegan. yang menjadikan dia pencipta ke 10 bijuu, bahkan madara tidak dapat menandinginya.

1. UZUMAKI NARUTO (THE LAST HOKAGE)(JINCHURIKI AND SAGE MODE)



Uzumaki naruto, ninja gila dari konoha, seorang hokage ke 6, keturunan senju dan Uzumaki, 2 keturunan shinobi tingkat tinggi yang melahirkan seorang shinobi terkuat di serialnya sendiri, senju pendiri dari konoha, dan uzumaki lambang dari segala jutsu penyegelan, menggabungkan sebuah segel yang diciptakan naruto untuk menyegel kyubi dalam tubuhnya, bahkan jika naruto dapat menguasai sage mode, tingkat tinggi. serta pelajaran yang diajarkan oleh killer bee untuk menguasai dan memiliki kyubi se-utuhnya, bisa jadi naruto adalah seorang shinobi yang terkuat bahkan diatas rikodou sannin dan madara. sage mode yang hanya dapat dikuasai jiraiya dan naruto ini, jika digabungkan dengan kyubi, menghaspuskan segala kebencian seperti yang di laksanakan madara, dalam operasi mata bulan.

sumber:http://sibukforever.blogspot.com/2012/05/10-ninja-terkuat-yang-ada-di-naruto.html

Kara Dijadikan Kartun Animasi di Jepang


WowKeren.com - Popularitas di Jepang rupanya tak kalah tinggi dari Korea Selatan. Terbukti, mereka baru terpilih untuk dijadikan karakter utama di sebuah kartun animasi di Jepang.

"Animasi tradisional berjudul 'Kara the Animation' dibintangi lima personil Kara sebagai karakter utamanya akan ditayangkan awal tahun depan," kata juru bicara DSP Media, 1 Desember. "Setelah tayang di Jepang, animasi ini juga akan ditayangkan di Korea Selatan hingga sistem penyiaran besar dan di TV kabel selama pertengahan awal 2013."

"Setiap personil Kara dijadikan karakter utama yang memiliki cerita berbeda," lanjutnya. "Setiap karakter menggambarkan kepribadian mereka. Kalian juga bisa melihat bagaimana mereka dalam bentuk animasi."

Selain itu, para personil pun dikabarkan ikut terlibat dalam proses dubbing-nya. Mereka juga akan menyanyikan lagu tema untuk kartun animasi tersebut.

sumber:http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00028650.html

Rabu, 20 Februari 2013

Perkembangan,Contoh,Penjelasan Seputar ANIMASI

Perkembangan,Contoh,Penjelasan Seputar ANIMASI

animasi bagus
Animasi adalah menciptakan suatu ilusi kehidupan atau bisa dibilang semacam trik yang menggunakan teknik komputer.Kita bisa mengambil benda mati seperti boneka lukisan atau gambar kemudian kita berikan sedikit kehidupan didalamnya dan akhirnya kita bisa membuat cerita didalamnya dan pada akhirnya kita bisa membuat para penonton larut didalam cerita yang kita buat tadi. Animasi juga dapat diartikan sebagai suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup ( bergerak ), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar.
gambar animasi
Di tahun 1935 Len Lye dari Canada, memulai menggambar langsung pada film setelah memasuki pembaharuan dalam film berwarna melalui film ”Colour of Box”. Perkembangan Teknik film animasi yang terpenting, yaitu di sekitar tahun 1930-an. Dimana muncul film animasi bersuara yang dirintis oleh Walt Disney dari Amerika Serikat, melalui film ”Mickey Mouse”, “Donald Duck” dan ”Silly Symphony” yang dibuat selama tahun 1928 sampai 1940.
Pada tahun 1931 Disney membuat film animasi warna pertama dalam filmnya “Flower and Trees”. Dan film animasi kartun panjang pertama dibuat Disney pada tahun 1938, yaitu film “Snow White and Seven Dwarfs”.
Demikian asal mula perkembangan teknik film animasi yang terus berkembang dengan gaya dan ciri khas masing-masing pembuat di berbagai Negara di eropa, di Amerika dan merembet sampai negara*-negara di Asia. Terutama di Jepang, film kartun berkembang cukup pesat di sana, hingga pada dekade tahun ini menguasai pasaran film animasi kartun di sini dengan ciri dan gayanya yang khas.
 
  sumber:http://irfanwineers.wordpress.com/2012/07/09/perkembangancontohpenjelasan-seputar-animasi/

Minggu, 17 Februari 2013

Artikel Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Artikel Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi


PENGERTIAN
pengertian animasiAnimasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupasehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yangditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secaravisual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakanperubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahanwarna pun dapat dikatakan sebuah animasi.b.pengertian kunci animasi 
SEJARAH  SINGKAT  PERKEMBANGAN ANIMASI
Animasi adalah film yang berasal dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadigambar yang bergerak. Bentuk animasi tertua diperkirakan wayang kulit. Karena wayangmemenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasimusik.Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu teknik stopmotion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambardiam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambartersebut bergerak. Teknik ini sangat sulit, membutuhkan waktu, juga biaya yang banyak.Karenauntuk menciptakan animasi selama satu dektik, kita membutuhkan sebanyak 12-24frame gambar diam. Bayangkan jika film animasi itu berdurasi satu jam bahkan lebih.J. Stuart Blackton mungkin adalah orang Amerika pertama yang menjadi pionir dalammenggunakan teknik stop motion animation. Beberapa film yang telah diciptakannyadengan menggunakan teknik ini adalah The Enchanted Drawing (1900) Selanjutnya, setelah teknologi komputer berkembang, bermunculan animasi yang dibuatdengan teknologi komputer. Animasi itu macam-macam jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D)dan 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer denganmenggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih komplekslagi karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan.
Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney.Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio,Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasibersuara.Yakni, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di ColonyTheatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga menciptakan animasiberwarna pertama yakni, Flower and Trees yang diproduksi Silly Symphonies di tahun1932.
 
Film animasi merambah pula ke negara-negara Asia. Jepang misalnya juga telahmengambangkan film animasi sejak tahun 1913 dimana pada waktu itu dilakukan FirstExperiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaropada tahun 1913. Selanjutnya, animasi di Jepang mengikuti pula perkembangan animasi diAmerika Serikat seperti dalam hal penambahan suara dan warna. Dalam perkembanganselanjutnya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan animasi. Amerika dikenaldengan animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang simpel.Sedangkan animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik. (Pmails/ Cesar ZehanCamille)
 
sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html

PERBEDAAN ANIMASI 2D,ANIMASI 3D,CLAY ANIMASI,BESERTA CONTOH FILMNYA.

PERBEDAAN ANIMASI 2D,ANIMASI 3D,CLAY ANIMASI,BESERTA CONTOH FILMNYA.
Animasi 2D (2 Dimensi)Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kataCartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contohnya misalnya: Looney Tunes, Tom andJerry, Scooby Doo, Doraemon, dan lainnya.b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yangdiperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Contohnya ToyStory, Monster Inc., Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, hingga FinalFantasy. Disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dbandingkan dengan animasi 2D.Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer GeneratedImagery).Untuk model animasi 3D, objek atau model tersebut dibuat dengan komputer denganmenggunakan software tertentu, seperti 3d Max atau lainnya, yang kemudian dirangkakandengan tulang rangka virtual untuk membuat efek 3 dimensi nya.Sedangkan untuk model animasi 2D, animasi dibuat dengan menggunakan beberapa gambar yang memiliki layer terpisah yang berarti tanpa menggunakan rangka virtual. Kemudiananggota badan, mata, mulut dan sebagainya dari objek tersebut dibuat seolah – olahbergerak oleh animator dengan menggunakan ”key frame” secara terus menerus atauframe by frame. Proses tersebut disebut sebagai proses ‘tweening motion” atau“morphing”. Contoh aplikasi untuk melakukan hal tersebut adalah Macromedia Flash.Contoh film :a. Film animasi sel(Cel Technique)Jenis film animasi ini merupakan teknik dasar dari film animasi kartun (cartoonanimation). Teknik animasi ini memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di ataslembaran plastic tembus pandang, disebut sel.Figur animasi digambar sendiri-sendiri di atas sel untuk tiap perubahan gambar yangbergerak, selain itu ada bagian yang diam, yaitu latar belakang (background), dibuat untuktiap adegan, digambar memanjang lebih besar daripada lembaran sel.Lembaran sel dan latar diberi lobang pada salah satu sisinya, untuk dudukan standar pagepada meja animator sewaktu di gambar, dan meja dudukan sewaktu dipotret.b. Penggambaran langsung pada filmTidak seperti pada film animasi lainnya, jenis film animasi ini menggunakan teknikpenggambaran obyek animasi dibuat langsung pada pita seluloid baik positif atau negative,
 
tanpa melalui runtun pemotretan kamera stop frame, untuk suatu kebutuhan karya seni yang bersifat pengungkapan. Atau yang bersifat percobaan, mencari sesuatu yang baru.Film Animasi Tri-matra (Object Animation)Secara keseluruhan, jenis film animasi tri-matra menggunakan teknik runtun kerja yangsama dengan jenis film animasi dwi-matra, bedanya obyek animasi yang dipakai dalamwujud tri-matra. Dengan memperhitungkan karakter obyek animasi, sifat bahan yangdipakai, waktu, cahaya dan ruang.Untuk mengerakkan benda tri-matra, walaupun itu mungkin, tapi cukup sulit untukmelaksanakannya, karena sifat bahan yang dipakai mempunyai ruang gerak yang terbatas.Tidak seperti jenis., film animasi gambar, bebas melakukanberbagai gerakan yangdiinginkan.Berdasarkan bentuk dan bahan yang digunakan, termasuk dalam jenis film animasi iniadalah :a. Film Animasi Boneka (Puppet Animation)Obyek animasi yang dipakai dalam jenis film animasi ini adalah boneka dan figur lainnya,merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada, terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai sifat lentuk (plastik) dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukanpemotretan bingkai per bingkai, seperti bahan kayu yang mudah ditatah atau diukir, kain,kertas, lilin, tanah lempung dan lain-lain, untuk dapat menciptakan karakter yang tidakkaku dan terlalu sederhana.b. Film Animasi ModelObyek animasi tri-matra dalam jenis film ini berupa macammacam bentuk animasi ayngbukan boneka dan sejenisnya, seperti bentuk-bentuk abstark; balok, bola, prisma,piramida, silinder, kerucut dan lain-lain. Atau bentuk model, percontohan bentuk dariukuran sebenarnya, seperti bentuk molekul dalam senyawa kimia, bola bumi.Bentuk obyek animasi sederhana, penggunaannya pun tidak terlalu rumit dan tidak banyakmembutuhkan gerak, bahan yang dipakai terdiri dari kayu, plastic keras dan bahan keraslainnya yang sesuai denga sifat karakter materi yang dimiliki, tetapi tidak berarti bahanlentuk tidak dipakai.Disebut juga film animasi non-figur, karena keseluruhan cerita tidak membutuhkan tokohatau figure lainnya. Jenis film Teknik yang memanfaatkan lembaran sel merupakan suatupertimbangan penghematan gambar, dengan memisahkan bagian dari obyek animasi yangbergerak, dibuat beberapa gambar sesuai kebutuhan; dan bagian yang tidak bergerak,cukup dibuat sekali saja.c. Film Animasi Potongan (Cut-out Animation)
Jenis film animasi ini, termasuk penggunaan teknik yang sederhana dan mudah. Figur atauobyek animasi dirancang, digambar pada lembaran kertas lalu dipotong sesuai denganbentuk yang telah dibuat, dan diletakkan pada sebuah bidang datar sebagai latarbelakangnya. Pemotretan dilakukan dengan menganalisis langsung tiap gerakan dengantangan, sesuai denagn tuntutan cerita.Dengan teknik yang sederhana, gerak figur atau obyek animasi menjadi terbatas sehinggakarakternyapun terbatas pula. Karakter figur dibuat terpisah, biasanya, terdiri daritujuh bagian yang berbeda; kepala, leher, badan, dua tangan dan dua kaki. Untukmenggerakkan dan menghidupkan karakter, pemisahan itu bias disesuaikan dengantuntutan cerita, bisa dibuat kurang dari bagian tadi atau lebih.d. Film Animasi Bayangan (Silhoutte Animation)Seperti halnya pertunjukan wayang kulit, jenis film animasi ini menggunakan cara yanghampir sama, figur atau obyek animasi berupa bayangan dengan latar belakang yangterang, karena pencahayaannya berada di belakang layer.Teknik yang dipakai sama dengan film animasi potongan, yaitu figur digambar laludipotong sesuai dengan bentuk yang digambar dan diletakkan pada latar di meja dudukankamera untuk dipotret. Bedanya di sini, kertas yang dipakai tidak seperti animasipotongan, bahan kertas berwarna atau diberi warna sesuai dengan kebutuhan, sedangkanfilm animasi bayangan seluruhnya menggunakan bahan kertas berwarna gelap atau warnahitam, baik itu figur atau obyek animasi lainnya.e. Film Animasi Kolase (Collage Animation)Yang selalu berhubungan dengan jenis film animasi ini adalah sebuah teknik yang bebasmengembangkan keinginan kita untuk menggerakkan obyek animasi semaunya di mejadudukan kamera. Teknik cukup sederhana dan mudah dengan beberapa bahan yang bisadipakai; potongan Koran, potret, gambar-gambar, huruf atau penggabungan darisemuanya. Gambar dan berbagai bahan yang dipakai, disusun sedemikian rupa lalu dirubahsecara berangsurangsur menjadi bentuk susunan baru, dimana tiap perubahan penempelandipotret dengan kamera menjadi suatu bentuk film animasi yang bebas.
 GAYA / ALIRAN ANIMASI
Gaya animasi didasarkan pada proses teknik pembuatan gerak animasi yangdigunakan dalam produksi animasi, yaitu1. Photoscope / Gaya menjiplak realistisAnimasi yang gerak animasinya menjiplak dari gambar live-actionatau gambar video yang ada, sehingga gerak yang tampak
 
sangat halus dan natural seperti gerak hidup sebuah live-actionbiasa.2. Limited / Gaya sederhanaBanyak digunakan untuk animasi berseri yang membutuhkantingkat produksi tinggi demi usaha kejar tayang yang sesuaidengan jadwal yang telah ditentukan3. Exaggeration / Gaya BerlebihanAnimasi yang melebih-lebihkan gerak sehingga tampak lebihdramastis dan ekpresif dalam mempertegas pesan adegan yangakan disampaikan.
  PERBEDAAAN ANIME,  MANGA,  DAN MANGA   ANIME
anime:
merupakan film animasi Jepang, umumnya dikenal sebagai film kartuntetapi sebenarnya terdapat banyak perbedaan diantara kedua jenis film tersebut. Filmkartun biasanya dibuat untuk anak-anak dengan tujuan untuk menghibur dan mempunyaibobot cerita lebih ringan dan lebih sederhana, sedangkan Anime memiliki bobot ceritalebih berat dan kompleks tergantung dari jenis Anime itu sendiri, dimana Anime dapatdikategorikan untuk anak-anak dan dewasa sedangkan jenisnya terdiri dari TV episodes,OVA/OAV (Original Animated Video) dan layar lebar.
manga:
adalah komik Jepang yang terbagi menjadi dua aliran atau jenis, yangdikenal dengan aliran Shounen dan Shoujo. Shounen adalah jenis komik cowok, contohnyaDragon Ball karya Akira Toriyama, dimana cerita Shounen pada umumnya lebih condongterhadap kategori “Action” sedangkan Shoujo adalah jenis komik cewek, contohnya PleaseSave My Earth karya Saki Hiwatari yang pada umumnya cerita jenis ini lebih ringan danhalus.
 
sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html

3.PRINSIP-PRINSIP DASAR ANIMASI BESERTA CONTONYA

PRINSIP-PRINSIP DASAR ANIMASI BESERTA CONTONYA
Untuk menjadi animator yang baik kita harus mengetahui 12 prinsip dasar animasi….
1) Squash and Stretch ( Menekan dan Melentur)Squash and stretch bisa membuat benda-benda hidup atau benda mati dibuat seolah-olahhidup, menjadi lebih ekspresif dan “bernyawa”, bergerak dengan lebih realistis.Misalnya karung beras yang dibuat seolah bisa tertawa geli, malu atau marah.Atau contoh paling klasik : bouncing ball. Squash ketika berada di tanah, stretch sebelumdan sesudahnya. Stretching walaupun tidak realistis
2) Anticipation (Antisipasi) Membuat setiap gerakan secara berurutan sehingga dapatdinikmati dan dimengerti oleh penonton. Contohnya bila Donald Duck ingin berlari kencangdia akan mengangkat kaki dahulu untuk mengambil ancang-ancang, lantas berlari.
3) Staging (Penataan Gerak) Staging (Penataan gerak) adalah prinsip yang bersifat palingumum karena mencakup banyak area. Misalnya bagaimana mempresentasikan sebuahkarakter agar dapat dikenal dengan baik oleh penonton. Termasuk ke dalamnya ekspresi yg ingin ditampilkan, mood yang ingin dibentuk, semua dapat dikomunikasikan dengan baikkepada penonton bila semua dibentuk dalam penataan gerak yang tepat dan jelas.Misalnya Minnie Mouse merupakan karakter yang dibuat gerak-geriknya selalu femininedalam situasi apapun.
4) Straight Ahead and Pose to Pose Merupakan dua pendekatan dalam menggambaranimasi. Pada metode Straight Ahead, animator akan menggambar secara spontan gambardemi gambar setelah mengetahui story point. Dalam metode pose to pose, animatorbekerja lebih terencana – - membuat gambar, gerakan, ukuran – - sedini mungkin, sejakawal sebelum mulai menggambar.
5) Follow Through and Overlapping Action (Gerakan Mengikuti) Bila suatu karakter dalamsebuah scene berhenti bergerak, dia tidak akan berhenti secara tiba-tiba. Diperlukanpenghitungan timing yang tepat. Misalnya saat Goofy yang bertelinga panjang berhentibergerak (stop ditempat) makan telinganya akan tetap berayun atau bila memakai jubah, jubahnya masih tetap berkelebat disaat berhenti. Inilah yang dimaksud gerakan
  mengikuti.
6) Slow In and Slow Out Merupakan pengaturan timing dan staging dalam suatu scene kescene. Ada gerakan melambatkan di saat memulai sesuatu dan melambat ketika suatuobjek di akhir gerakan.
7) Archs (Konstruksi Lengkung)
8) Secondary Action (Gerakan Pedukung) Adalah gerakan-gerakan yang mendukung suatuekspresi atau aksi agar lebih terlihat jelas. Misalkan Seorang yang sedang sedih akanmengusap tangannya keb wajah untuk menghapus air mata. Hal ini juga berkaitan denganstaging (penataaan gerak)
9) Timing
10) Exaggeration (Melebihkan) Yang dimaksud dengan “melebih-lebihkan” sesuatu adalahmembuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih meyakinkan atau lebih terlihat lucu.Misalnya Mickey yang mengendarai mobil butut, mobilnya berguncang dan berisik, lalu platnomornya rontok dan pada saat belok bannya meletus.
11) Solid Drawing Adalah kemampuan menggambar yang baik dan benar. Dalam membuatkomposisi gambar secara baik dan terlihat hidup.
12) Appeal (Daya Tarik) Adalah suatu kualitas dimana orang dapat menikmati suatugambar yang memikat, desain bagus, komunikatif dan memiliki magnet. 
 MACAM-MACAM/  JENIS ANIMASI
a. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan filmkartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang,film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TVmaupun di Bioskop. Misalnya:
Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo,Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populerkebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contohlainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, diadiciptakan oleh Otto Messmer  pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yangkurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan WaltDisney yang sampai sekarang masih ada misalnya
Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengananimasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujudmanusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba--lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ,Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars Valian . Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
c. Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Kata orang, meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan Bistik, namun terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur asem. Ungkapan tersebutcocok buat animasi Clay Animation. Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padahalteknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story  membuka era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang nenek moyangnya animasi. Karena animasipertama dalam bentuk CIay Animation. Meski namanya clay  (tanah liat), yang dipakaibukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permenkaret yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay  dibuat denganmemakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup denganplasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini,seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap,lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yangbisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi Clay 
termasuk salah satu jenisdari Stop-motion picture. Film Animasi Clay  Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredarfilm clay yang berjudul Chicken Run .
d. Animasi Jepang (Anime)
Film-film yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa. Namun,Jepang pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak memproduksi anime (sebutanuntuk animasi Jepang). Berbeda dengan animasi Amerika, anime Jepang tidak semuadiperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus dewasa.Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr. Osamu Tezuka. Beliau menciptakan Tetsuwan Atom  atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Seperti film animasi Amerika atauEropa, Anime juga terdiri dari beberapa jenis, tapi yang membedakan bukan carapembuatannya, melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film bioskop.

sumber:http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html

TAHAP-TAHAP PEMBUATAN ANIMASI

 TAHAP-TAHAP  PEMBUATAN  ANIMASI
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakanhasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awalpenemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudiandi-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafikakomputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhirini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketikateknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telahmemenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
  Proses pembuatan animasi
Ada dua proses pembuatan film animasi, diantaranya adalah secara konvensional dandigital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal,sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, prosesdigital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Tom Cardon seoranganimator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan."Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkansecara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit."[1] Dalam pengisiansuara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakandubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi terkadang seperti dalam animasiJepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat. 2Dimensi
Celluloid (konvensional)Teknik Celluloid (terkadang disebut menjadi cell) ini merupakan teknik mendasar dalampembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan makagambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembuspandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah selesai filmtersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera didalam ruangan yang serba hitam.Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground)dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalubanyak.
Pra-produksi:
-Konsep,
-Skenario,
-Pembentukan karakter,
-Storyboard,
-Dubbing awal,
-Musik dan sound FX
Pasca-produksi:
-Lay out (Tata letak),
-Key motion (Gerakan kunci/ inti),
-In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yanglain)
-Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
-Background (Gambar latar belakang),
-Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
-Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
Past-produksi:
-Composite,
-Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi -frame),
-Editing,
-Rendering,
-Pemindahan film kedalam roll film.
 Komputer
Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalamproses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancanganmodel hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satupersonal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengancepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detailkesalahan terkadang harus diulang kembali dari awal. Proses pembuatan animasi 2Dimensidigital terdiri dari:
Pra-produksi:
Konsep,
•Skenario,
•Pembentukan karakter,
•Storyboard,
•Dubbing awal,
•Musik dan sound FX.
Pasca-produksi:
•Lay out (Tata letak),
•Key motion (Gerakan kunci/ inti),
•In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
•Background (Gambar latar belakang),
Scanning
•Coloring.
Post-produksi:
Composite,
•Editing,
Rendering,
•Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.
3Dimensi
Film animasi secara digital sekarang mulai banyak dilirik oleh berbagai kalangan karenasebagai salah satu solusi untuk menekan biaya produksi.
Animasi di Indonesia
Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal atau dengankalimat lain, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri filmanimasi Jepang dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan KontenIndonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, diantaranya adalah: FrozztyEntertainment, Tunas Pakar Integraha, Castle Production, Mirage, Pustaka Lebah,Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Bening Studio,Studio Kasatmata, Asiana Wang Animation, Bintang Jenaka Cartoon Film, Red Rocket,Infinity Frameworks dan lain-lain.
Proses Pembuatan Animasi
Stop Motion 3 Dimensi Shaun The Sheep. Dalam dunia animasidikenal banyak teknik untuk membuatnya. Salah satunya adalah Teknik Animasi Stop Motion  menggunakan Clay (Semacam Lempung) atau tanah liat. Teknik ini sebenarnyamerupakan teknik animasi klasik atau primitif namun apabila dikerjakan secaraprofesional dengan ide-ide cerita menarik dan penyajian bagus ternyata dapatmenghasilkan karya animasi yang luar biasa.Salah satu contoh karya animasi stop motion  menggunakan bahan clay 
yang spektakuler adalah Shaun The Sheep. Banyak yang menyukai animasi ini mulai dari anak-anak sampaiorang dewasa. Ide cerita yang menarik serta karakter-karakter tokoh yang lucusepertinya selalu membuat pemirsa merasa terhibur dan tertawa. Di sini saya tidak akanmembahas tentang ide cerita dari Film Animasi 3 Dimensi Shaun The Sheep tetapi sayaakan mencoba mengajak Anda untuk sedikit mengetahui bagaimana sulit dan rumitnya proses pembuatan animasi Stop Motion  3D Shaun The Sheep tersebut. Berikut photo-photo tahap pembuatan animasi shaun the sheep :
1. Pembuatan Storyboard dan Story Line
Setelah ide cerita ditentukan dan naskah dibuat oleh scriptwriter  maka selanjutnyaadalah tugas Storyboard Maker untuk membuat Storyboard  dan Story Line. semuastoryboard  dan story line digambar dan dibuat secara manual menggunakan tangan. Padatahap ini dibuat keyframe  untuk setiap scene  dan ditentukan durasi setiap gerakankarakter untuk menentukan berapa jumlah frame  yang harus dibuat nantinya. Pembuatan keyframe 
Untuk In Between  juga sudah termasuk di dalamnya.
2. Persiapan Media dan Space
Rumput tiruan dilekatkan pada plat baja dan semua property  termasuk rumah-rumahan, pohon-pohonan, meja, rerimbunan tanaman, dll dipasang magnet pada bagian dasarnyasehingga bisa melekat kuat pada rumput supaya posisi tetap terjaga. Latar belakangberupa layar dengan gambar sesuai dengan situasi scene  dan didukung tata cahayasedemikian rupa. Perlengkapan perbengkelan sepertinya sudah menjadi keharusan padatahap ini.



3. Pembuatan Property dan Kostum




Semuanya dibuat manual menggunakan tangan oleh seorang Property Maker untuk menghasilkan bentuk yang seperti seharusnya. Inilah komentar dari
Property Maker  Helen Javes : “Semuanya dibuat manual, sehingga sangat rumit. “Bahkan kaki meja dibuatmanual untuk mendapatkan bentuk yang tepat.” Pekerjaan
Property maker  bukan tanpa resiko. Jari teriris pisau tajam, dan terbakar akibat panas dari lem adalah resikopekerjaan sehari-hari.
4. Pembuatan Model dan Tokoh
Kalau model cikal-bakal animasi stop motion (primitif) dibuat menggunakan lempung(tanah liat), maka disini Model dibuat menggunakan bahan semacam plasticine  atau silikon yang beberapa didalamnya telah dipasang kawat. Sebenarnya untuk bahan bisa digunakanapa saja yang penting mudah dibentuk dan tidak mudah patah saat dilakukan perubahan-perubahan gerakan (stop motion ). Setiap bagian anggota tubuh dapat dilepas dan dipasangdan setiap tokoh bisa memiliki beberapa buah untuk bagian tubuh yang sama (mata,kepala, kaki, telinga, rambut, bibir/mulut, dll) untuk memudahkan perubahan ekspresikarakter.
5. Pengaturan Ekspresi
Kalau model cikal-bakal animasi stop motion (primitif) dibuat menggunakan lempung(tanah liat), maka disini Model dibuat menggunakan bahan semacam plasticine atau silikon yang beberapa didalamnya telah dipasang kawat. Sebenarnya untuk bahan bisa digunakan apa saja yang penting mudah dibentuk dan tidak mudah patah saat dilakukan perubahan-perubahan gerakan (stop motion). Setiap bagian anggota tubuh dapat dilepas dan dipasangdan setiap tokoh bisa memiliki beberapa buah untuk bagian tubuh yang sama (mata,kepala, kaki, telinga, rambut, bibir/mulut, dll) untuk memudahkan perubahan ekspresi karakter.



6. Suku Cadang dan Penyimpanan
Kalau dilihat sekilas seperti kotak penyimpanan mainan anak-anak.


7. Pengaturan Posisi Karakter/Obyek (Stop Motion)





Animasi Stop Motion  dibuat dengan menggerakkan karakter/obyek sedikit demi sedikitdan dilakukan pengambilan gambar pada setiap perubahan karakter/obyek tersebut.Sepertinya pada tahap ini harus sangat teliti dan sabar karena berpengaruh langsung pada hasil produksi animasi. Untuk mendapatkan hasil gerakan yang halus, pada prosespembuatan Animasi Stop Motion  3D Shaun The Sheep setiap perubahan gerakkarakter/obyek digunakan 25 kali perubahan gerakan/posisi setiap detik atau 25 fps(frame per second). Hal itu sesuai dengan standar mata manusia yang akan menangkapkontinyu gerakan obyek yang bergerak pada kecepatan frame tersebut.
sumber: http://yayakku.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_10.html
Macam_Macam_Animasi © 2008 Template by:
SkinCorner